Sabtu, 23 Oktober 2021

Cara mudah memijahkan ikan Koi untuk pemula di kolam terpal

Ikan koi adalah jenis ikan hias yang banyak diminati oleh para pecinta ikan. Selain ikanya yang cantik, konon memelihara ikan koi bisa mendatangkan hoki. Selain itu ikan koi juga bernilai ekonomis tinggi bahkan ada yang mencapai ratusan juta perekor, tentunya dengan kualitas yang sangat baik.

Karena alasan ekonomis tersebut tidak ada salahnya jika kita mencoba untuk membudidayakan, bukan hanya membesarkan tapi bagaimana memijahkan koi yang secara ekonomis sangat pantas untuk kita coba.

Pada kesempatan ini saya akan membagikan bagaimana memijahkan ikan koi bagi pemula dan di kolam terpal. Cara ini adalah cara yang sudah saya lakukan, mungkin akan berbeda dengan orang lain dalam proses pemijahanya. Jika ada masukan bisa menuliskan di kolom komentar dibawah.

Alat dan bahan:

  1. Kakaban, diguanakan untuk sarang telur ketika nanti ikan mengeluarkan telurnya.
  2. Kolam terpal, digunakan untuk proses pemijahan, usahakan di tempat yang agak gelap agar ikan ketika melakukan perkawinan nyaman.
  3. Indukan siap pijah, biasnya saya menggunakan 1 betina, dan 3 jantan karena menurut pengalaman saya pribadi, jika kurang dari 3 pejantan telur banyak yang tidak terbuahi.

  Langkah pemijahan

  1. Isi kolam dengan air bersih kurang lebih 40 cm, tunggu 1x24 jam.
  2. Pasang juga airator sebagai penyuplay oksigen.
  3. Masukan kakaban ke dalam kolam
  4. Masukan indukan betina ke dalam kolam sampai indukan betina nyaman karena ini akan mempengaruhi lama atau tidaknya proses perkawinan
  5. Masukan indukan jantan ke dalam kolam
  6. Tutup kolam agar agak gelap dan ikan tidak terganggu dari gangguan luar misalnya kucing, ayam dan sebagainya.
  7. Tinggal ditunggu proses pemijahan berklangsung
  8. Lamanya perkawnan tergantung kesiapan indukan dan kenyamanan di sekitar kolam.
  9. Menurut pengalaman saya pribadi ikan akan melakukan perkawinan di hari kedua dan biasnya terjadi pada pagi hari sebelum subuh sampai jam 6 pagi.
  10. Jika perkawinan berhasil maka dikakaban akan menempel telur hasil perkawinan.
  11. Angkatan semua indukan dan pisahkan antara jantan dan betina dan telur siap dirtunggu untuk menetas.

Demikian cara pemijahan ikan koi untuk pemula di kolam terpal, saya yakin banyak versi lain cara pemijahan ikan koin ini dan saya juga meyakini masih banyak kekurangan dalam saya melakukan pemijahamn ikan koi. Jika ada masukan dan saran silahkan tulis di komentar.

Salam koi untuk persahabatan.

0 comments:

Posting Komentar